Beli aki di Seto Aki Solo, Sumber: setoakisolo.com

Aki Mobil Cepat Tekor, Apa Kira-kira Penyebabnya?

Aki mobil cepat tekor, Sumber: kilatstorage.id

Apakah Anda pernah menemukan kasus aki mobil cepat tekor meskipun jika dihitung, masa pakai aki tersebut belum terlalu lama? Memang, aki yang tekor menjadi permasalahan yang cukup menjengkelkan. Bukan hanya fitur elektronik mobil yang tidak optimal, bisa jadi mobil pun akan susah distarter dan efeknya mobil akan macet.

Sebagaimana diketahui, aki sendiri merupakan komponen krusial pada sistem mobil. Komponen ini menjadi sumber daya utama pada sistem mobil secara keseluruhan. Artinya, ketika aki mobil bermasalah atau tekor, maka bisa jadi mobil tidak bisa dinyalakan dan digunakan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas penyebab aki mobil cepat tekor meskipun sebenarnya Anda belum terlalu lama menggunakannya. Simak ulasan selengkapnya!

Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Penyebab aki cepat tekor, Sumber: kompas.com
Penyebab aki cepat tekor, Sumber: kompas.com

Sebagaimana disinggung di awal, aki mobil cepat tekor merupakan permasalahan yang cukup serius karena mengganggu performa mobil secara keseluruhan. Hanya saja, Anda perlu tahu bahwa sebenarnya aki memiliki rentang waktu pemakaian.

Umumnya, aki mobil basah bisa digunakan sekitar 2 hingga 2,5 tahun. Di sisi lain aki mobil kering bisa digunakan dalam waktu hingga 3 tahun. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan umur aki cenderung lebih pendek dan lebih cepat tekor. Beberapa faktor penyebab masalah ini diantaranya:

1. Mobil yang Jarang Digunakan

Jika Anda berpikir bahwa mobil yang jarang dipakai atau sekadar dipanasi membuat aki lebih awet, maka pendapat Anda salah. Terkait hal ini, mobil yang jarang dipanasi akan membuat mesin tidak memanas.

Nah, kondisi ini secara tidak langsung membuat aki mobil tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup. Dampaknya, aki justru nantinya kehilangan daya dan tidak bisa digunakan untuk menghidupkan mesin mobil. 

2. Penggunaan Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Tidak sedikit pengendara yang menambah aksesoris mobil mereka demi kenyamanan. Misalnya, mereka memasang AC double blower, sistem audio mobil yang lebih besar atau fitur elektronik lainnya.

Fitur tambahan ini memang cukup menyenangkan. Hanya saja, jika Anda menggunakannya secara berlebihan, maka aki mobil akan lebih cepat tekor. Hal ini dikarenakan aki selalu bekerja secara maksimal untuk memberikan suplai daya pada aksesoris yang bekerja.

3. Intensitas Penggunaan Mobil yang Tinggi

Hal umum lain yang juga menjadi penyebab aki mobil cepat tekor adalah intensitas penggunaan mobil yang terlalu tinggi, terutama dengan jarak yang pendek. Masalah ini cukup sering terjadi pada mobil travel atau mobil yang digunakan untuk transportasi online.

Terkait hal ini, perlu dipahami bahwa menghidupkan mobil memerlukan daya yang cukup besar. Oleh karenanya, jika Anda menghidupkan dan mematikan mobil cukup sering dalam waktu berdekatan, maka aki harus bekerja keras untuk menyediakan daya. Lambat laun, kondisi aki akan memburuk dan akhirnya tekor meskipun belum terlalu lama dipakai.

Beberapa poin di atas adalah apa yang menjadi penyebab aki mobil tekor. Sebagai tambahan, masalah aki yang cepat tekor ini juga bisa terjadi karena air aki yang sudah berkurang drastis tetapi tidak segera diisi ulang. 

Tips Perawatan Aki Mobil Agar Tidak Cepat Tekor

Perawatan aki mobil, Sumber: radartasik.id
Perawatan aki mobil, Sumber: radartasik.id

Agar aki bisa berfungsi dengan optimal serta bisa digunakan dalam waktu yang lama sesuai rentang masa pakainya, perawatan pada aki mutlak diperlukan. Perawatan yang tepat tentu akan menurunkan resiko aki mobil cepat tekor yang cukup memusingkan. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah masalah aki tekor terjadi, diantaranya:

1. Memperhatikan Beban Penggunaan Aki

Agar aki mobil Anda tidak cepat tekor, maka Anda perlu memperhatikan beban penggunaan aki. Sebagaimana diketahui, aneka produk aki memiliki spesifikasi dan beban maksimal masing-masing yang harus disesuaikan. 

Nah, cobalah cek bagaimana beban penggunaan aki di mobil Anda. Cek secara teratur dan pastikan jika aki yang dipasang tidak memiliki beban terlalu berat sehingga kondisi aki nantinya cenderung lebih terjaga dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

2. Membersihkan Aki secara Teratur

Meskipun tampak sederhana, membersihkan aki secara teratur juga merupakan perawatan agar masalah aki mobil cepat tekor tidak terjadi. Terkait hal ini, aki yang digunakan dalam waktu yang lama bisa saja kotor karena penumpukan debu terutama di bagian terminal.

Debu ini bisa menghambat hantaran listrik dari aki ke komponen kelistrikan mobil. Oleh karenanya, cek secara berkala kondisi aki mobil Anda. Apabila ada tumpukan debu yang cukup tebal, maka secara bersihkan dengan cara disikat.

3. Memanaskan Mobil secara Rutin

Seperti yang disinggung sebelumnya, kebiasaan tidak memanasi mobil justru membuat aki mobil cepat tekor. Oleh karenanya, pastikan Anda memanasi mobil di rumah secara rutin setiap hari meskipun hanya beberapa menit saja.

Dengan memanasi mobil secara rutin, maka aki mobil Anda akan mendapatkan tambahan daya. Tentu, tambahan daya ini membuat kondisi aki cenderung lebih terjaga dan tetap prima sehingga bisa digunakan dalam kurun waktu yang lebih lama sesuai perkiraan masa pakai aki.

Menggunakan produk aki yang berkualitas, Sumber: bukalapak.com
Menggunakan produk aki yang berkualitas, Sumber: bukalapak.com

Selain beberapa poin di atas, agar masalah aki mobil cepat tekor tidak terjadi, maka Anda sebaiknya menggunakan produk aki yang berkualitas. Ya, aki yang berkualitas bukan hanya memiliki performa yang lebih bagus, melainkan juga memiliki masa pakai yang lebih lama.

Nah, Seto Aki Solo menyediakan berbagai produk aki berkualitas yang bisa Anda jadikan opsi terbaik. Sebagai toko aki Solo, tentu kami tidak hanya menyediakan produk aki dengan harga terjangkau, melainkan juga menyediakan layanan lainnya termasuk pemasangan gratis. Buktikan sendiri!

Social Media:

Artikel Lainnya