Beli aki di Seto Aki Solo, Sumber: setoakisolo.com

Stabilizer Aki Mobil, Apa Sebenarnya Fungsinya?

Stabilizer aki, Sumber: liputan6.com

Sebagai pemilik mobil, Anda tentu ingin menjaga kondisi aki mobil tetap kuat serta sistem kelistrikan mobil tetap prima, bukan? Tentu, menjaga keduanya adalah sebuah keharusan karena baik aki mobil atau sistem kelistrikan berpengaruh pada bagaimana performa mobil nantinya. Nah, terkait hal tersebut, stabilizer aki mobil bisa dijadikan opsi yang dipilih.

Sebagaimana namanya, dengan menggunakan stabilizer aki mobil, maka kondisi aki mobil sekaligus performanya akan cenderung lebih stabil. Tentu saja, stabilitas ini nantinya berimbas pada performa mobil yang lebih baik dan kenyamanan berkendara yang lebih terasa.

Pada kesempatan ini kita akan membahas seluk beluk tentang dan fungsi pentingnya. Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Stabilizer Aki

Tentang stabilizer aki mobil, Sumber: cintamobil.com
Tentang stabilizer aki mobil, Sumber: cintamobil.com

Beberapa dari Anda mungkin masih awam dan bertanya apa itu stabilizer aki mobil atau bahkan belum pernah mendengar tentang stabilizer aki mobil sebelumnya. Dalam pengertian singkat, stabilizer aki merupakan sebuah extention atau komponen tambahan yang kerap digunakan untuk meningkatkan stabilitas listrik yang berasal dari aki mobil.

Tidak hanya itu, stabilizer aki mobil juga merupakan alat yang bisa diandalkan untuk meredam noise voltage yang muncul pada sistem kelistrikan mobil. Terkait hal ini, semakin kecil nilai capacitance yang ada, maka besar dari tingkat frekuensi yang harus diredam oleh stabilizer ini akan semakin besar. 

Saat ini, penggunaan stabilizer aki mobil bisa dikatakan cukup marak. Terlebih, alat yang satu ini memiliki cukup banyak fungsi, termasuk untuk menunjang performa mobil secara umum. 

Fungsi Stabilizer Aki yang Perlu Diketahui

Fungsi stabilizer aki, Sumber: lifepal.co.id
Fungsi stabilizer aki, Sumber: lifepal.co.id

Sebagaimana disinggung sebelumnya, stabilizer aki mobil merupakan alat yang bisa diandalkan terutama jika Anda ingin meningkatkan performa mobil dan masa pakai aki

Jika dilihat lebih dekat, ada cukup banyak fungsi stabilizer aki mobil yang bisa jadi menjadi alasan Anda menilai bahwa alat ini perlu untuk digunakan. Adapun beberapa fungsi dari alat ini diantaranya:

1. Mempertahankan Stabilitas Tegangan

Sesuai namanya, fungsi stabilizer aki mobil yang pertama adalah mempertahankan stabilitas tegangan aki. Dengan tegangan yang lebih stabil, maka daya yang dihasilkan akan cenderung tetap dan fitur kelistrikan mobil yang digunakan akan lebih optimal.

Perlu diketahui bahwa fluktuasi tegangan aki kerap kali terjadi. Terlebih ketika Anda menyalakan mesin mobil pertama kali. Fluktuasi ini jika hanya dibiarkan akan berdampak buruk pada pemakaian aki serta bisa merusak komponen kelistrikan mobil. 

2. Meningkatkan Umur Pakai Aki

Penggunaan stabilizer aki mobil juga bisa dijadikan upaya untuk memperpanjang umur penggunaan aki. Memang, pada dasarnya, produk aki memiliki batas pemakaian masing-masing. Hanya saja, jika tidak dilakukan perawatan, umur pakai aki bisa jadi lebih pendek dan Anda akan rugi karena harus melakukan penggantian lebih cepat.

Ketika menggunakan stabilizer aki mobil, alat ini nantinya akan mengatur tegangan yang masuk ke aki. Cara kerja ini akan mencegah terjadinya fluktuasi tegangan yang tidak menentu sehingga aki bisa bekerja dengan lebih smooth dan tidak mudah rusak.

3. Menurunkan Resiko Kerusakan Fitur Elektronik

Fungsi lain dari stabilizer aki yang digunakan adalah untuk menurunkan kerusakan pada fitur elektronik mobil. Seperti diketahui, mobil memiliki cukup banyak fitur elektronik seperti sistem audio, GPS, kamera dan lainnya. Terkadang, penggunaan fitur elektronik yang berlebihan menjadi penyebab aki mobil tekor.

Serta, terkadang, tegangan yang begitu tinggi dari aki, terutama yang muncul saat perjalanan jauh dan mesin terlalu panas, bisa membuat fitur elektronik tersebut rusak. Nah, dengan penggunaan stabilizer aki mobil, stabilitas tegangan akan terjaga dan fitur elektronik mobil Anda pun akan jauh lebih awet. 

4. Meningkatkan Efisiensi Pengisian Daya Aki

Saat Anda menyalakan mobil, maka sejatinya Anda juga sedang melakukan pengisian daya pada aki. Sayangnya, karena keterbatasan mekanisme, pengisian daya aki secara otomatis ini kurang maksimal dan hasilnya permasalahan aki tekor pun tetap akan terjadi.

Untuk meningkatkan efisiensi pengisian daya aki, stabilizer aki mobil bisa diandalkan. Alat stabilizer aki yang dipasang nantinya akan melakukan controlling tegangan yang dihasilkan sistem pengisian secara otomatis. Tentu, proses kontrol ini turut dibarengi dengan memastikan tegangan yang stabil guna mengisi daya aki Anda.

Beberapa poin di atas merupakan ragam fungsi stabilizer aki yang perlu diketahui sebagai pertimbangan apakah Anda memerlukannya atau tidak. Sebagai tambahan, stabilizer aki mobil juga cukup efektif untuk mengurangi beban sistem elektronik dan mencegah penurunan performa sistem elektronik karena voltase yang rendah.

Perlu Aki Mobil Berkualitas? Beli di Seto Aki Solo!

Beli aki di Seto Aki Solo, Sumber: setoakisolo.com
Beli aki di Seto Aki Solo, Sumber: setoakisolo.com

Dengan efek stabilizer aki mobil yang cukup terasa, maka pemakaian alat ini bisa jadi diperlukan. Hanya saja, penggunaan stabilizer akan lebih terasa manfaatnya jika Anda juga menggunakan produk aki yang berkualitas. 

Nah, jika Anda mencari produk aki berkualitas, Seto Aki Solo menyiapkannya untuk Anda. Ada banyak aneka produk aki dengan berbagai merk yang tersedia dan bisa Anda sesuaikan dengan jenis mobil.

Tidak hanya itu, sebagai toko aki Solo, kami senantiasa berorientasi pada kepuasan pelanggan. Tentu, bukan hanya menyediakan produk aki mobil berkualitas dengan harga terjangkau, kami pun melayani pengiriman pesanan aki dan membantu pemasangan jika Anda memerlukannya. Coba sendiri!

Social Media:

Artikel Lainnya